Text
Buku ajar teknik membangun e-market place tani berbasis web
Buku ini terdiri dari beberapa bab pertama membahas tentang gambaran umum e_market place dan pemodelan bisnis. Bab dua membahas tentang analisa pemasaran usaha tani dan bab tiga membahas tentang desain data, tabel sistem dan interface. Bab empat membahas tentang implementasi interface e_market place, dan bab lima membahas tentang pengujian aplikasi menggunakan black box
Perkembangan teknologi dalam beberapa tahun terakhir telah membuat batasan antara dunia digital, fisik, dan biologi menjadi lebur. Teknologi digital memungkinkan tiap orang bisa terkoneksi satu sama lain, dan arus informasi menjadi lebih cepat dan terbuka, tanpa mengenal batasan negara dan wilayah.
Transaksi yang sebelumnya harus dilakukan dengan berhadapan langsung, sekarang bisa dilakukan secara online. Metode pemasaran secara elektronik banyak dikembangkan dalam mencapai jangkauan pembeli, baik untuk industri rumah tangga, industri kecil dan menengah bahkan untuk industri besar.
Perkembangan usaha secara pemasaran elektronik melalui internet dengan memanfaatkan toko-toko online memberikan peluang peningkatan ekonomi, karena sistem transaksi dan pemesanan lebih praktis, hal ini dikarenakan masyarakat tidak asing lagi dalam penggunaan media internet. Namun masih ada beberapa kalangan usaha mikro belum memanfaatkan teknologi pemasaran melalui penggunaan aplikasi dukung dalam bisnis, khususnya UMKM Tani.
Dengan memanfaatkan teknologi digital, kelompok UKM khususnya UKM Tani bisa mengatasi sebagian masalah-masalah di bidang produksi, pemasaran dan pembiayaan.
Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Deloitte tahun 2015, terhadap sekitar 437 UKM di Indonesia menemukan, bahwa pengusaha UKM yang sudah terkoneksi dengan internet bisa merasakan manfaat lebih banyak.
Mereka bisa mendapatkan akses ke pelanggan baru bukan hanya di wilayah Indonesia tetapi juga internasional. Alhasil, ini bisa meningkatkan penjualan dan pendapatan (Deloitte, 2015).
Karena adanya kelemahan pada sistem tradisional tersebut dapat ditawarkan metode pemasaran menggunakan suatu aplikasi e-market place untuk transaksi jual beli dan lelang online berbasis web.
T00537 | 004.678 MAT t | Kampus Cemani | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain