Text
Manajemen Evaluasi Program Pendidikan
Evaluasi program pendidikan adalah pemberian estimasi terhadap pelaksanaan supervisi pendidikan untuk menentukan keefektifan dan kemajuan dalam rangka mencapai tujuan supervisi pendidikan yang telah ditetapkan. Dalam evaluasi program supervisi pendidikan untuk perbaikan pengajaran melibatkan penentuan perubahan yang terjadi pada periode tertentu, perubahan yang diharapkan dari semua personel dalam supervisi dan dalam perbaikan program melibatkan kepala sekolah (supervisor), guru, dan murid. Evaluasi program pendidikan diperlukan untuk penerapan dan pemeliharaan berbagai pelayanan sesuai dengan fungsi supervisi pendidikan; untuk penilaian terhadap pelayanan yang telah diberikan kepada para anggota/staf. Evaluasi program supervisi pendidikan tidak berarti mengevaluasi suatu rancangan program supervisi pendidikan dalam arti rencana. Evaluasi program supervisi pendidikan berusaha menentukan sampai seberapa jauh tujuan supervisi pendidikan yang telah tercapai. Oleh sebab itu, bukan hanya programnya yang dievaluasi, melainkan juga proses pelaksanaan dan hasil supervisi pendidikan. Bahkan, ruang lingkup evaluasi supervisi pendidikan menyangkut semua komponen yang terkait dalam pelaksanaan supervisi pendidikan. Komponen tersebut meliputi aspek personel, aspek materiel, dan aspek operasional dalam supervisi pendidikan. Hakikatnya kemajuan dan perbaikan dalam pendidikan saat ini bergantung pada pengukuran hasil aktivitas pendidikan dan evaluasi terhadap pengukuran itu berdasarkan kriteria atau standar tertentu.
KIP0057 | 370.68 RUS m | Kampus Pusat (Nusukan) (300) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain