Text
Sistem Manajemen Mutu; Quality Management System
Ilmu manajemen adalah ilmu pengelolaan organisasi atau perusahaan, yang diperlukan oleh praktisi bisnis maupun pengelola organisasi, untuk menjalankan roda usahanya. Pemikiran awal tentang teori manajemen klasik oleh Adam Smith(1776), menunjukan keunggulan ekonomis yang akan diperoleh dari pembagian kerja. Selanjutnya teori manajemen semakin berkembang dengan semakin meningkatnya tuntutan konsumen akan produk atau layanan jasa yang berkualitas. Sehingga perusahaanpun dituntut untuk meningkatkan kualitas produk maupun layanannya. Maka mulai berkembang kebutuhan akan sistem manajemen yang menunjang proses perbaikan yang berkesinambungan (continual improvement). PDCA (Plan-Do-Check-Act) yang dikembangkan oleh W. Edward Deming, adalah cikal-bakal dari konsep sistem perbaikan yang berkesinambungan. Sehingga dikenal sebagai Deming Cycle. Berikutnya, dengan semakin intensifnya interaksi komunikasi dan persaingan global, organisasi atau perusahaan dituntut juga untuk memperharikan kepentingan para pihak atau stakeholder. Maka dari sinilah mulai diperlukan sistem manajemen mutu (Quality Management System), yang secara komprehensif memperhatikan kepentingan umum. Sistem manajemen mutu berkembang dengan berorientasi pada proses (MBP-Management by Process), ataupun pada tujuan (MBO-Management by Objective). MBP secara umum dikembangkan oleh organisasi internasional ISO, sedangkan MBO banyak dikembangkan oleh berbagai perusahaan secara mandiri. Namun keduanya tetap mengacu kepada konsep PDCA Deming Cycle, sehingga sesungguhnya keduanya dapat saling mendukung.
B00968 | 658.4013 SUB s | Kampus Cemani | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain